Rabu, 23 November 2011

Acara Penutupan Sea Games 2011 Indonesia Juara Umum 182 Medali Emas


# Acara Penutupan Sea Games 2011 Indonesia Juara Umum 182 Medali Emas. Setelah 12 hari tergelar, pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara, SEA Games, edisi ke-26 resmi berakhir pada Selasa (22/11/2011) malam. Tuan rumah Indonesia tampil sebagai juara umum.

Wakil Presiden RI Boediono menghadiri acara penutupan di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang, sekaligus menutup secara resmi event ini pada sekitar pukul 19.50 WIB.

Dalam sambutannya Boediono juga menyinggung insiden tewasnya dua suporter Indonesia dalam pertandingan final sepakbola kemarin malam, dan menyatakan bela sungkawa atas nama pemerintah Indonesia.

Sebelumnya, Ketua Umum KONI/KOI Rita Subowo dan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng juga memberikan sambutan, yang antara lain memberi ucapan selamat kepada kontingan "Merah Putih" yang berhasil keluar sebagai juara umum.

Indonesia berhasil mengumpulkan medali terbanyak dengan rincian 182 emas, 151 perak, dan 143 perunggu. Thailand, juara umum di dua edisi terakhir, berada di urutan kedua dengan 109 emas, 100 perak, dan 120 perunggu. Vietnam menduduki peringkat ketiga dengan 96 emas, 92 perak, dan 100 perunggu.

Ini adalah kali pertama Indonesia menjadi kontestan terbaik di SEA Games, setelah menjadi juara umum SEA Games 1997 di Jakarta.

Upacara penutupan berlangsung menarik, antara lain dengan pesta kembang api, tata cahaya, lampu laser dan berbagai atraksi dari para penari, serta parade atlet dari semua kontestan. SEA Games berikutnya akan digelar di Naypyidaw, Myanmar, tahun 2013.


# Final Indonesia vs Malaysia 21 November 2011 Sea Games XXVI 2011. Indonesia harus mengubur lagi mimpi panjangnya meraih gelar juara. Bermain di kandang sendiri, tim "Garuda Muda" kalah adu penalti dari Malaysia dan harus puas dengan medali perak SEA Games XXVI.

Sangat dramatis kekalahan Indonesia ini karena Egi Megiansyah dkk. sempat memimpin lebih dulu melalui gol cepat Gunawan Dwi Cahyo di menit kelima. Namun keunggulan itu patah setelah Malaysia menyamakan skor lewat Omar Mohd. Asrarudin di menit 33.

Pertarungan sampai 90 menit tak kunjung melahirkan pemenang dengan skor 1-1, demikian pula tambahan waktu 2 X 15 menit, sehingga adu penalti harus diadakan. Di sini Malaysia lebih dipayungi keberuntungan dan unggul 4-3.

Dengan demikian Indonesia masih belum pernah memenangi sebuah turnamen (resmi) di level internasional. Kali terakhir pasukan "Merah Putih" adalah menjuarai SEA Games 1991. Sebelum ini, Indonesia juga masuk final di SEA Games 1997, tapi kalah dari Thailand, juga di Senayan.


Pertandingan yang melelahkan


Pertandingan final di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (21/11/2011) malam berlangsung cepat dan menarik. Kedua kesebelasan menampilkan permainan terbuka dan menyerang.

Indonesia menggebrak sejak kickoff dan membuat tembakan di menit kedua. Andik Vermansyah melakukan akselerasi menawan dan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Kiper Khairul Fahmi berhasil meredam tembakan tersebut, tapi bola terpental dari tangkapannya. Patrich Wanggai mendapatkan rebound, tapi sepakannya dapat diblok Fahmi.

Dua menit kemudian Wanggai kembali mendapatkan ruang tembak, tapi masih bisa diblok, dan korner untuk Indonesia.

Tendangan sudut diambil Oktovianus Maniani. Bola melayang tinggi ke tiang jauh, mengarah pada Gunawan Dwi Cahyo yang berdiri tak terkawal. Dengan tandukan yang mantap, bek Indonesia itu berhasil menggetarkan jala Malaysia. Stadin GBK serasa runtuh oleh gol tersebut.

Malaysia tampak tidak kalut dengan ketinggalannya itu. Mereka bahkan mencoba menaikkan tempo permainan dengan menguatkan kerja sama di lini tengah.

Di menit 12 Malaysia bahkan nyaris menyamakan kedudukan ketika Omar Mohd Asrarudin dengan leluasa menyundul bola di depan gawang Kurnia Meiga. Akan tetapi kiper Indonesia itu melakukan penyelamatan sangat gemilang. 

Permainan semakin menarik. Secara bergiliran kedua tim melakukan serangan yang membuat penonton menahan nafasnya. Di menit 16 Titus Bonai menceploskan bola ke gawang Malaysia, tapi wasit meniup peluit pertanda offside.

Malaysia dua kali melakukan tekanan yang membahayakan pertahanan Indonesia. Diego Michels membuat blok krusial di kotak penalti, sementara sundulan Asrarudin masih melayang di atas mistar gawang Meiga.

Di menit 33 publik Senayan bungkam ketika Malaysia mencetak gol penyama. Dari serbuan Bakhtiar Baddrol di sektor kiri pertahanan Indonesia, ia melepaskan crossing pendek ke mulut gawang. Asrarudin sambil menjatuhkan diri berhasil menyambar bola, dan sundulannya bersarang di pojok kanan jala Kurnia Meiga.

Skor 1-1 bertahan sampai babak pertama selesai.

Di babak kedua Malaysia lebih dulu mengambil inisiatif penyerangan. Dua kali mereka melakukan tekanan berarti, namun dua-duanya masih bisa dihentikan Meiga.

Indonesia mendapatkan peluang melalui Wanggai di menit 64, namun aksinya tidak membuahkan gol. Begitu pula dengan serangan Malaysia di menit 70, belum menemui bidang sasaran.

Kedua tim mulai terlihat lelah, tempo permainan mulai menurun. Pemain berkurang kecepatannya, dan kerap kehilangan konsentrasi dalam melakukan umpan-umpan yang terarah. Sampai babak kedua selesai kedudukan masih imbang 1-1.

Di sisa-sisa tenaga yang ada, kedua kesebelasan berusaha melakukan apa yang masih bisa mereka lakukan. Ferdinand Sinaga sempat menggetarkan gawang Malaysia di menit 93, tapi dianulir wasit karena Okto dalam posisi offside. Malaysia juga sempat mencetak gol, tapi juga tidak sah karena offside.

Kans terbaik di babak tambahan ini tercipta di menit 117 ketika Tibo mendapatkan bola sepak pojok. Meski posisinya bebas, tapi sundulannya masih melesat tipis di atas mistar gawang Malaysia. Dan sampai menit ke-120, pertandingan tak melahirkan pemenang, skor tetap 1-1, dan harus diakhiri dengan adu penalti.

Tibo sukses sebagai algojo pertama, Jesuli Mahali melakukan hal yang sama untuk Malaysia. Gunawan sepakannya mengenai tiang gawang, Othman Mohamad Fandi membawa Malaysia memimpin 2-1.

Kapten Egi menjaga harapan untuk Indonesia, eksekusinya masuk. Dan Kurnia Meiga berhasil memblok tendangan Saarani Ahmad Fakri. Kedudukan imbang 2-2.

Bek Abdul Rahman menunaikan tugasnya dengan baik, Indonesia memimpin lagi 3-2. Algojo keempat Malaysia, Mohd Shas Mohamad Fadhli, juga sukses. Skor tos-tosan 3-3.

Algojo kelima Indonesia, Ferdinand Sinaga, gagal, tendangannya dipatahkan kiper Fahmi. Dan Malaysia pun memastikan kemenangan setelah eksekusi Bakhtiar Baddrol masuk ke gawang Indonesia, walaupun sempat diredam Meiga.

Malaysia juara, Indonesia harus puas dengan medali perak.


Susunan pemain Malaysia vs Indonesia :


Malaysia: 1-Che Mat Khairul Fahmi, 2-Jesuli Mahali, 3-Mohd Azmi Mohd Zubir, 4-Mohd Shas Mohamad Fadhli, 6-Omar Mohd Asraruddin, 7-Fazail Mohd Irfan, 9-Ambumamee Thamil Arasu, 10-Bakhtiar Baddrol, 11-G. Kandasamy Gurusamy, 13-Saarani Ahmad Fakri, 24-Ahmad Mohamad Muslim

Indonesia: 1-Kurnia Meiga, 13-Gunawan Dwi Cahyo, 28-Abdul Rahman, 15-Hasim Kipuw, 24-Diego Michiels, 8-Egi Melgiansyah, 6-Mahadirga Lasut, 10-Oktovianus Maniani, 21-Andik Vermansyah, 25-Titus Bonai, 27-Patrich Wanggai.

# Hasil Indonesia vs Malaysia Final Sea Games XXVI 2011 Perpanjangan Waktu. Tidak ada tambahan gol sepanjang babak kedua, kedudukan tetap 1-1. Pertandingan Indonesia kontra Malaysia pun harus dilanjutkan dengan tambahan waktu 2 X 15 menit.

Meski tercipta cukup banyak peluang, namun kedua kesebelasan tidak mampu menghasilkan gol, kecuali dua yang lahir di babak pertama, yakni gol pembuka di menit kelima atas nama Gunawan Dwi Cahyo (Indonesia), dan menit 33 oleh Omar Mohd. Asrarudin.

Dengan demikian, laga final SEA Games XXVI di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (21/11/2011) malam itu pun harus dilanjutkan dengan extra time. Jika masih imbang, pertandingan akan ditentukan oleh adu penalti.

# Prediksi Skor Vietnam vs Myanmar 21 November 2011 Sea Games XXVI 2011. Tidak ada rotan akar pun jadi, Mungkin itulan pribahasa yang tepat untuk menggambarkan laga antara kedua tim yang sedang terluka tersebut. Gagal melaju kepartai puncak tentunya membuat mereka kecewa, Kemenangan dilaga ini tentunya bisa menjadi sedikit obat untuk mereka.

Meski hanya memperebutkan posisi ketiga, medali itu tetap sangat berarti bagi kedua tim. Bukan hanya sebagai obat pelipur lara setelah gagal melaju ke partai puncak, tapi pembuktian siapa yang terbaik di antara mereka.

Untuk Vietnam U23, yang sejak awal difavoritkan jadi yang terbaik, tentu ingin mengobati luka kekalahan dari Indonesia sebelum meninggalkan Jakarta. Sementara bagi Myanmar U23, perunggu bisa jadi awal kebangkitan sepak bola di negeri yang baru lepas dari krisis politik itu.

Merujuk sejarah, catatan sepak bola Myanmar U23 sempat berjaya pada masa lalu ketika menjadi juara Asian Games 1966 dan 1970. Selain itu ketika masih bernama Burma, Myanmar juga mampu lima kali jadi perebut emas SEA Games sama seperti halnya Malaysia.

Namun pertengahan 1970-an, kekuatan sepak bola Myanmar U23 menukik tajam. Bahkan negara bekas jajahan Inggris itu menjadi tim pupuk bawang di kawasan Asia Tenggara. Prestasi terbaik terakhir Myanmar diperoleh mereka saat berhasil merebut perak pada SEA Games 1993.

Myanmar juga pernah bertemu dengan Vietnam di babak penyisihan di awal November kemarin dan berakhir dengan hasil imbang tanpa gol. Padahal saat itu Myanmar harus bermain dengan 10 orang. Sebab itu pelatih Myanmar Stefan Hansson meminta pasukannya lebih berkonsentrasi di menit awal maupun akhir pertandingan. Pria berkebangsaan Swedia tersebut juga meminta pemainnya tampil percaya diri.

Sementara itu di pihak Vietnam U23, Pelatih Falko Gotz ingin para anak asuhnya melupakan kekalahan dari Indonesia. Pelatih asal Jerman ini juga berharap, anak asuhnya bisa mengeliminir kesalahan yang dilakukan pada saat pertemuan awalnya saat menghadapi Myanmar di babak penyisihan awal bulan lalu yang berakhir imbang. Serta selalu waspada pada kecepatan serangan balik Myanmar.

Head to Head Myanmar U23 vs Vietnam U23:

05 Nov 2011 (SG) Myanmar U23 0 – 0 Vietnam U23
19 Okt 2011 (VC) Vietnam U23 5 – 0 Myanmar U23
11 Des 2007 (SG) Vietnam U23 0 – 0 Myanmar U23

Lima Pertandingan Terakhir Myanmar U23 :

19 Nov 2011 (SG) Myanmar U23 0 – 1 Malaysia U23
15 Nov 2011 (SG) Myanmar U23 1 – 0 Timor Leste U23
13 Nov 2011 (SG) Filipina U23 0 – 5 Myanmar U23
09 Nov 2011 (SG) Myanmar U23 4 – 0 Brunei U23
05 Nov 2011 (SG) Myanmar U23 0 – 0 Vietnam U23

Lima Pertandingan Terakhir Vietnam U23 :

19 Nov 2011 (SG) Vietnam U23 0 – 2 Indonesia U23
17 Nov 2011 (SG) Laos U23 1 – 3 Vietnam U23
12 Nov 2011 (SG) Brunei U23 0 – 8 Vietnam U23
09 Nov 2011 (SG) Vietnam U23 2 – 0 Timor Leste U23
05 Nov 2011 (SG) Myanmar U23 0 – 0 Vietnam U23

Prediksi Susunan Pemain Myanmar U23 vs Vietnam U23:

Myanmar U23: Thihasthu, Shwe Hlaing, Moe Win, Zaw Min Tun, Yan Aung Win, Aye San, Min Min Thu, Kyaw Ko Ko, Pyaye Phyo, Kyi Lin, Kyaw Zeyar.

Vietnam U23: Tua^’n Ma.nh, Anh Quang, Ngo.c Anh, Huy`nh Phú, Long Giang, Hoàng Thi.nh, Va(n Bình, Tro.ng Hoàng, Hhành Lu+o+ng, Va(n Tha(‘ng, ?ình Tùng.

Bursa taruhan: Vietnam – : – Myanmar

Prosentase kemenangan: Vietnam 52 : 48 Myanmar

Prediksi skor akhir: Vietnam 1 – 1 Myanmar (Adu Pinalti) Disiarkan langsung oleh stasiun televisi RCTI tanggal 21 November 2011 pukul 15:30 Wib.

Prediksi Vietnam vs Myanmar 21 November 2011, head to head vietnam vs myanmar, highlight vietnam vs myanmar, siaran langsung vietnam vs myanmar, final vietnam vs myanmar, sea games xxvi 2011, update berita sea games xxvi terbaru.

# https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiAmJfv3Q6VB1qDimn6gUk6yzRHIAmaIhKzaXNWNoNCzurekQR9-QTj7uPV1QStHhKrrvtpFM_yU5inQAem8a-DOghBB4rUorj34e4F85bUiOHhccBunz6P5NVS9aV9j7xd3r9dLpqNaAGS/s200/SEA+GAMES+Laos+vs+Myanmar.jpg
Update Medali Emas Sea Games XXVI 2011. Daftar Perolehan Medali Sea Games XXVI. Indonesia Terbanyak Medali Emas. Perolehan Medali Emas Indonesia. Update Perolehan Medali Sea Games 2011. Indonesia masih unggul di puncak klasemen sementra sea games xxvi 2011 hingga tanggal 21 November 2011. Dari awal dimulainya sea games xxvi sampai sekarang Indonesia tetap berada di puncak klasemen dengan perolehan medali emas terbanyak. 

Berikut Daftar Lengkap Perolehan Medali SEA Games XXVI hingga 21 November 2011 :

No. Peringkat
Negara
Emas
Perak
Perunggu
Total Medali
1
Indonesia
154
130
116
40
2
Thailand
95
83
105
283
3
Vietnam
87
85
91
263
4
Malaysia
52
45
70
167
5
Singapura
41
43
71
155
6
Filipina
27
47
69
143
7
Myanmar
11
23
26
62
8
Laos
9
7
35
51
9
Kamboja
4
11
20
35
10
Timor Leste
1
1
5
7
11
Brunei
0
3
7
10

Klasemen Sea Games XXVI 2011, update sea games xxvi 2011, perolehan emas indonesia sea games 2011, info sea games xxvi terbaru, berita sea games update setiap saat.

1 komentar: